02/01/11

Tahun Baru di bukit Geulis

Pada tanggal 31 Desember 2010 GANALA mengadakan acara Tahun Baruan 2011 di Puncak gunung Bukitdjarian (orang-orang sekitar biasa menyebutnya gunung geulis) 1600 mdpl di daerah Jatinangor, kabupaten Sumedang. Acara ini diikuti oleh 31 orang, selain anggota GANALA, terdapat pula mahasiswa angkatan 2008 dan 2010 diluar anggota GANALA. Untuk pendakian dibagi menjadi 3 gelombang, ada yang berangkat siang untuk mendirikan tenda terrlebih dahulu, ada yang berangkat sore karena sesuai rencana, acara pendakian dilakukan sore, dan ada sebagian yang menyusul malam karena ada keperluan lain.

Acara dimulai pukul 16.00, sebagian peserta yang ikut berangkat sore berkumpul di sarang GANALA, yaitu ada 17 orang kemudian kami mulai berangkat dari sarang ke gerbang universitas padjadjaran, di sana kami bertemu 3 orang peserta lagi.. selanjutnya dari gerbang unpad kami naik angkot ke gerbang jatiroke kemudian kami semua berjalan ke kaki gunung geulis hingga tiba disana pukul 17.00. Disana kami akan memulai pendakian, namun sebelumnya kami melakukan pemanasan terlebih dahulu, walaupun gunungnya tidak terlalu tinggi, namun pemanasan ini perlu dilakukan agar kaki tidak mudah kram, terutama untuk anggota diluar GANALA, karena belum terbiasa mndaki. pukul 17.10 kami memulai pendakian, perjalanan dimulai melewati perkebunan, selanjutnya saat memasuki hutan kami beristirahat sejenak, menunggu peserta yang tertinggal di belakang,tak lama kemudian kami memulai perjalanan lagi, sampai akhirnya kami tiba di puncak sekitar puku 19.00, di sana sudah ada 8 anggota GANALA yang menunggu, karena mereka berangkat lebih awal untuk memilih tempat dan mendirikan tenda, karena dikhawatirkan akan banyak orang yang merayakan tahun baru di puncak gunung geulis. Para peserta yang baru datang langsung membereskan barang bawaan, kemudian sholat bergantian setelah sholat kami berkumpul, sebagian ada yang memasak ayam bakar, ada yang memasak air untuk air hangat, setelah makanan siap, kami semua makan sekitar pukul 20.00, setelah makan, sambil menunggu jam 00.00 kami bercerita, kemudian sekitar pukul 22.00 tiga dari teman kami pun datang. sekitar pukul 23.30 terlihat kembang api yang sudah mulaI dinyalakan oleh warga kota bandung yang terlihat dari atas puncak gunung geulis, puncak gunug geulis semakin ramai karena muncul serombongan orang yang baru tiba di puncak gunung geulis yang bertujuan ingin tahun baruan di puncak.
Pada pukul 00.00 kami semua, baik dari rombongan kami maupun orang lain merayakan acara tahun baru dengan memasang kembang api,, selain itu kami juga takjub melihat pemandangan kota bandung dan sekitarnya yang penuh dengan kembang api tak henti-hentinya. Selanjutnya pukul 01.00 sebagian dari peserta mulai tidur di dalam tenda, kemudian yang lain menyusul tidur. Pukul 04.30 kami mulai bangun, ada yang memasak nasi untuk sarapan, namun ada juga yang masih tidur karena dingin. Pukul 05.30 semua peserta sudah bangun, dan sholat subuh bergantian, kemudian kami melihat sunrise, namun sunrisenya tidak sesuai yang kami bayangkan, karena mataharinya tertutup awan, sehingga tanpa terasa langit langsung terang.

Kemudian selanjutnya Sebagian dari kami memasak, membereskan tenda, dan berkumpul sambil menunggu. Setelah packing, makanan siap, kami semua makan. Setelah makan, dan membereskan piring kami bersiap untuk turun, namun sebelum turun kami melakukan pemanasan terlebih dahulu,kami turun sekitar pukul 08.30 perjalanan turun cukup licin karena tanahnya yang lembab, sehingga sebagian dari kami banyak yang terpeleset. Kami semua tiba di gerbang jatiroke sekitar pukul 10.30, selanjutnya kami menyewa angkot hingga tiba di sarang. Acara kemudian ditutup di sarang sekitar pukul 11.30.