10/12/14

JURNAL KEGIATAN EKSPEDISI GUNUNG MERBABU (17-21 Agustus 2014)

Hari ke-1
Minggu,17 Agustus 2014
Kegiatan ekspedisi 2 Wiyaga Bhumi dimulai pada hari Minggu, 17 agustus 2014, kegiatan diikuti oleh Hamdi Wahyudi (G.110.DW), Ujang Bubus B. (G.117.CR), Asril Muhammad Rozzaq (G.139.MD), Hasiib Bintang Purnama (G.140.MD), M. Fikri Fauzi (G.141.MD), Riansyah Amynurdin (G.142.MD), Gilar Gumelar (G.143.MD), Irfan Fardhani (G.144.MD), Alwi Mahbubi (G.146.MD), Ilham Mansur (G.147.MD), Syahrul Mubarak (G.148.CH), Rudi Hartono (G.149.CH), Nurul Ayini (G.150.CH), Rabbani Wangsa A. (G.153.CH), Aneu (G.154.CH) dan Maulana Muhammad (G.155.CH).
Pkl 16.28 WIB kami melaksanakan apel pembukaan yang dihadiri oleh Wiyaga Bhumi sebagai panitia, Dewan Pengurus XX GANALA, dan Dewan Sesepuh GANALA. Apel dilaksanakan di lapangan parkir gedung D5, Kimia Unpad, Jatinangor, Sumedang. Apel pembukaan berjalan lancar sampai pkl 16.40 WIB, dengan pembina apel yaitu Sigit Adianto (G.123.CR) dari Dewan Sesepuh GANALA. Perangkat upacara yang lain dari Wiyaga Bhumi yaitu pemimpin upacara  Ridwan Nugeraha (SG.001.WB), pembaca protokoler Irin Rukmana (SG.004.WB), pembaca kode etik pecinta alam Reztia Puteri Inderaneli (SG.005.WB), janji anggota GANALA Anti Winanti (SG.002.WB), pemimpin pasukan Lisna Desiana (SG.006.WB).

Akhirnya pkl 16.57 WIB berangkat menuju Stasiun Kiaracondong, Bandung. Kami tiba di Stasiun Kiaracondong pkl 18.10 WIB. Panitia mulai membagikan makan malam, Panitia dan peserta pun dikondisikan untuk melaksanakan sholat maghrib dan isya di mushola yang ada di stasiun sampai pkl 19.17 WIB.
Kereta yang ditumpangi adalah kereta Kahirupan  yang berangkat tepat pkl 20.00 WIB dari stasiun Kiaracondong, Bandung menuju Stasiun Purwosari, Solo. Setelah berada di dalam kereta, panitia dan peserta pun beristirahat untuk mempersiapkan hari esok. Perjalanan kereta berlangsung lancar, kami tiba di statsiun Purwosari pkl 05.30 WIB.
Hari ke-2
Senin,18 Agustus 2014
Tiba di Stasiun Purwosari Solo pkl 05.36 WIB, setibanya di Stasiun Purwosari kami segera bersiap untuk melanjutkan perjalanan kami yaitu ke basecamp Gunung Merbabu.
Kami melakukan perjalanan ke basecamp Merbabu pkl 06.35 WIB dengan menggunakan dua buah mobil carry, mobil pertama di isi oleh Asril Muhammad Rozzaq (G.139.MD), Alwi Mahbubi (G.146.MD), Rudi Hartono (G.149.CH), Maulana Muhammad (G.155.CH), Ridwan Nugeraha (SG.001.WB), Anti Winanti (SG.002.WB), Nia Trisniati (SG.003.WB), Irin Rukmana (SG.004.WB), Reztia Putri Indraneli (SG.005.WB), Lisna Desiana (SG.006.WB) dan Mila Nurjamilah (SG.007.WB). Sedangkan di mobil yang kedua diisi oleh Hamdi Wahyudi (G.110.DW), Ujang Bubus B. (G.117.CR), Hasiib Bintang Purnama (G.140.MD), M. Fikri Fauzi (G.141.MD), Riansyah Amynurdin (G.142.MD), Gilar Gumelar (G.143.MD), Irfan Fardhani (G.144.MD), Ilham Mansur (G.147.MD), Syahrul Mubarak (G.148.CH), Nurul Ayini (G.150.CH), Rabbani Wangsa A. (G.153.CH) dan Aneu (G.154.CH). Setelah melakukan perjalanan selama 2 jam, kami tiba di Pasar Selo untuk menambah bekal air minum untuk pendakian, selain itu kami juga mengurus perizinan ke kantor Polres Selo yang berseberangan dengan Pasar Selo. Setelah selesai mengurus perizinan, kami kembali melanjutkan perjalanan ke basecamp Gunung Merbabu.
Pkl 08.30 WIB, kami tiba di basecamp Gunung Merbabu. Pendakian menuju puncak Gunung Merbabu dimulai pada pkl 10.25 WIB, sebelum melakukan pendakian, kami melakukan foto bersama di depan pos pendakian Gunung Merbabu. Setelah itu, kami memulai pendakian dengan urutan jalan Ridwan Nugeraha (SG.001.WB), Asril Muhammad Rozzaq (G.139.MD), Rudi Hartono (G.149.CH), Nurul Ayini (G.150.CH), Anti Winanti (SG.002.WB), Syahrul Mubarak (G.148.CH), Ilham Mansyur (G.147.MD), Irfan Fardhani (G.144.MD), Mila Nurjamilah (SG.007.WB), Aneu (G.154.CH), Rabbani Wangsa (G.153.CH), Reztia Putri I (SG.005.WB), Alwi Mahbubi (G.146.MD), Riansyah Amynurdin (G.142.MD), Lisna Desiana (SG.006.WB), Maulana Muhammad (G.155.CH), Nia Trisniati (SG.005.WB), Gilar Gumelar (G.143.MD), M. Fikri Fauzi (G.141.MD), Hasiib Bintang P (G.140.MD), Irin Rukmana (SG.004.WB), Ujang Bubus B (G.117.CR), Hamdi Wahyudi (G.110.DW).
Dalam pendakian, kami melewati hutan Taman Nasional Gunung Merbabu untuk menuju pos 1 (dok malang). Kami sampai di pos 1 (dok malang) pkl 12.04 WIB. Kami lanjutkan perjalanan menuju pos 2 (pandean) pada pkl 12.57 WIB dengan urutan jalan yang sama, trek yang dilalui dari pos 1 ke pos 2 lebih berat dari trek sebelumnya, tiba di pos 2 (pandean) pada pkl 14.41 WIB, pos 2 ini lebih sempit dari pos 1 kami langsung melanjutkan perjalanan kami menuju pos 3. Tiba di pos 3 (batu tulis) pkl 16.07 WIB, kami beristirahat sejenak dengan memakan makanan ringan yang kami bawa. Luas tanah yang datar di pos 3 sangat luas, vegetasi disini juga dipenuhi oleh rumput dan ilalang kecil, di sini juga kami mulai menjumpai bunga edelweis.
Kami tiba di sabana 1 pada pkl 17.30 WIB, kemudian kami melakukan pembagian tugas untuk mendirikan tenda, mencari kayu bakar dan masak. Kami menunaikan sholat maghrib secara bergantian, sambil menunggu masakan siap dihidangkan, kami membuat api unggun dan membuat jagung bakar, kemudian kami makan secara bersama-sama ditemani oleh api unggun pada pkl 19.57 WIB. Setelah makan kami secara bergantian menunaikan sholat isya, kemudian kami melakukan evaluasi kegiatan hari kedua pada pkl 20.46 WIB yang dipimpin oleh Irin Rukmana (SG.004.WB), evaluasi selesai pada pkl 21.45 WIB, kemudian kami mulai memasuki tenda masing-masing untuk tidur.

Hari ke-3
Selasa,19 Agustus 2014
            Pada pkl 05.20 WIB, Matahari mulai beranjak memunculkan sinarnya, kami pun bergegas untuk mendokumentasikan keindahan sunrise di padang sabana 1, gunung Merbabu.
            Pkl 07.05 WIB, kami melanjutkan perjalanan menuju puncak setelah  makan pagi, packing, pemanasan dan makan vitamin. Perjalanan dimulai dari sabana 1 ke sabana 2, track perjalanan terjal, miring dan berdebu. Di Padang sabana 2 cukup luas untuk mendirikan tenda.  Kemudian perjalanan dilanjutkan ke puncak dengan track yang lebih terjal dari track sebelumnya.  kami tiba di  puncak pada pkl 08.38 WIB.
            Di puncak triangulasi Merbabu, kami melaksanakan upacara  bendera untuk memperingati kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69 dengan pembina upacara Hasiib Bintang P. (G.140.MD), pemimpin upacara Asril Muhammad R. (G.139.MD), pemimpin pasukan Ridwan Nugeraha (SG.001.WB), protokol Nia Trisniati (SG.003.WB), pembawa bendera Lisna Desiana (SG.006.WB), Anti Winanti (SG.002.WB), dan Reztia Putri Indraneli (SG.005.WB), pembaca UUD’45 Irin Rukmana (SG.004.WB), tura Ilham Mansur (G.147.MD) dan pembawa pancasila Riansyah Amynurdin (G.142.MD). Upacara bendera berlangsung selama 20 menit. Setelah itu, kami melakukan foto bersama di puncak triangulasi Merbabu.
Kami melanjutkan turun ke bawah pada pkl 09.20 WIB. Kemudian melakukan operasi bersih dari puncak dengan trash bag dan sampai kembali di sabana 1 pkl 11.44 WIB. Di sabana 1 kami juga melakukan operasi bersih, beristirahat, packing, dan sholat secara bergantian. Pada pkl 13.01 WIB kami  melanjutkan perjalanan turun dari Sabana I ke Pos 3. Kami sampai di Pos 3 pada pkl 14.09 WIB dan Wiyaga Bhumi melaksanakan operasi bersih sementara peserta beristirahat dan makan konsumsi pribadi. Di Pos 3 Mila Nurjamilah SG.007.WB mendokumentasikan kegiatan operasi bersih dalam bentuk video. Pada pkl 14.22 WIB perjalnan dilanjutkan ke Pos II dan tiba pada pkl 14.53 WIB. Di Pos ini sampahnya tidak terlalu banyak tetapi kami tetap melakukan operasi bersih sampai pkl 15.11 WIB. Kemudian kami melanjutkan perjalanan ke Pos I dan tiba pkl 15.56 WIB, disana kami melakukan operasi bersih dan dokumetasi. Hasil operasi bersih terdiri dari 6 trash bag dan dibuang di tempat pembuangan sampah dekat pintu masuk pendakian.
            Pada pkl 17.07 WIB kami tiba di basecamp Merbabu, panitia dan peserta mandi dan sholat secara bergantian. Lisna Desiana SG.006.WB dan Mila Nurjamilah SG.007.WB masak untuk makan malam dengan menu makanan dendeng dan bihun. Kami mulai makan bersama pada pkl 19.30 WIB. Pada pkl 20.19 WIB kami melanjutkan acara family gathering di basecamp. Acara family gathering tersebut dibuka oleh Mila Nurjamilah(SG.007.WB) sebagai MC. Family gathering tediri dari games dan GANALA AWARD. Acara Family gathering berlangsung sampai pkl 23.13 WIB dan menutupi kegiatan kami pada hari tersebut dengan briefing sampai pkl 23.47 WIB, setelah itu peserta dan panitia beristirahat di basecamp.
Hari ke-4
Rabu, 20 Agustus 2014
Pkl 07.29 WIB peserta dan panitia selesai makan, kemudian dilanjutkan dengan kegiatan packing untuk persiapan pulang. Selama menunggu kendaraan sebagian peserta ada yang membeli souvenir di basecamp.
Perjalanan dari masjid desa Selo menuju stasiun Purwosari dimulai pkl 08.38 WIB, kami tiba di stasiun Purwosari pkl 10.10 WIB. Setibanya di stasiun, kami beristirahat dan berkeliling di sekitar stasiun untuk menunggu kedatangan kereta. Kami kembali berkumpul di stasiun pkl 12.00 WIB, kemudian kami secara bergantian menunaikan sholat dzuhur di mushola stasiun. Kereta tiba di stasiun Purwosari pkl 13.20 WIB dan berangkat menuju stasiun Kiaracondong pkl 13.25 WIB. Saat perjalanan menuju stasiun Kiaracondong, Lisna Desiana (SG.006.WB) menghubungi kontak kendaraan yang akan menjemput di stasiun Kiaracondong.
Kami tiba di stasiun Kiaracondong pkl 23.15 WIB Kendaraan yang akan mengantarkan kami ke sarang telah tiba terlebih dahulu sehingga kami langsung menaiki kendaraan tersebut. Perjalanan dari stasiun Kiaracondong menuju sarang sangat lancar. Kami sampai di sarang GANALA pkl 00.08 WIB.
Kami sempat istirahat terlebih dahulu setelah sesampainya di Sarang dan langsung melaksanakan Apel penutupan di lapangan parkir kimia dengan Hamdi Wahyudi (G.110.DW) sebagai pembina upacara, Ridwan Nugeraha (SG.001.WB) sebagai pemimpin upacara, Irin Rukama (SG.004.WB) sebagai pembaca protokoler, Reztia Puteri Inderaneli (SG.005.WB) sebagai pembaca kode etik pecinta alam, Anti Winanti (SG.002.WB)sebagai pembaca janji anggota GANALA, pemimpin pasukan Lisna Desiana (SG.006.WB). sampai pkl 00.53 WIB. Setelah apel penutupan selesai kamipun evaluasi bersama Dewan Pengurus XX GANALA di sarang dan kami mendapat banyak saran juga evaluasi yang membangun sampai pkl 01.53 WIB. Dan akhirnya kami pun pulang ke tempat masing-masing untuk istirahat.